7 cara berbisnis agar cepat sukses

1.Pola pikir sukses

Setiap kesuksesan yang ada di dunia ini, awal mulanya adalah dari pikiran yang sukses. Pikiran yang sukses adalah pikiran yang positif. Berpikir positif berarti Andalah pengendali masalah. Bukan Anda yang dikendalikan masalah

Jika saat ini terjadi krisis global, seorang yang berpikir positif tidak akan terbawa keadaan. Ia justru akan mencari jalan keluar dari masalah dan bahkan akan menemukan peluang di tengah masalah itu.

Seperti yang saya lihat saat ini, banyak seminar yang bertemakan “ Bagaimana cara sukses ………. Di tengah krisis global”. Dan yang pasti seminar-seminar bisnis dengan tema tersebut akan banyak didatangi banyak orang. Karena memang banyak orang di tengah krisis seperti ini yang merasa punya masalah. Walaupun kadang krisis tidak ada dampaknya pada bisnisnya. Memang pintar juga penyelenggara seminar, yang selalu ada tema dalam situasi apapun. Nah, yang ini perlu kita contoh, selalu melihat peluang di tengah masalah

Krisis yang ada diluar sana adalah diluar kendali Anda, kecuali Anda pemerintah atau anggota dewan. Daripada Anda memikirkan apa yang di luar kontrol Anda, lebih baik memikirkan hal-hal yang ada didalam kontrol Anda. Lebih bermanfaat jika Anda memikirkan bagaimana Anda mengembangkan diri Anda, bagaimana cara kreatif melakukan pemasaran, bagaimana menaikkan profit usaha, apa peluang di tengah krisis yang berhubungan dengan bisnis saya, dan sebagainya.


2. Kekuatan fokus

Misalnya Anda saat ini saya beri 100 anak panah beserta busurnya. Saya minta Anda untuk memanah 2 sesi. Sasarannya adalah satu buah apel merah yang ditaruh di atas kepala seseorang, dalam jarak 2 meter. Sesi pertama Anda memanah dengan mata terpejam. Sesi kedua Anda memanah dengan mata terbuka. Bagaimana hasilnya ?

Pada saat memanah dengan mata terpejam, Anda tidak punya fokus, maka hasilnya kacau. Bahkan, mungkin banyak anak panah mengenai hidung seseorang itu. Hasil berbeda jika Anda memanah dengan mata terbuka, Anda punya fokus dan bisa tepat sasaran. Walaupun kadang ada anak panah yang meleset. Tapi, walaupun meleset pastinya tidak akan jauh dari sasaran, kan ?

Itulah analogi pentingnya kekuatan fokus dalam berbisnis. Jika Anda bisa fokus dalam berbisnis, Anda bisa akan lebih mudah dalam mencapai tujuan. Melesetpun juga tidak akan jauh-jauh dari tujuan bisnis Anda

Fokus disini bisa berarti beberapa hal, antara lain :

- Anda fokus pada bidang yang Anda tekuni dan semua turunan bisnisnya

- Anda fokus menggunakan strategi yang terbukti sukses untuk bisnis Anda

- Anda fokus kepada kekuatan Anda, dan bukan kelemahan atau hal-hal yang di luar kontrol (misalnya kondisi ekonomi)

- Anda fokus kepada tindakan yang menghasilkan profit, karena nyatanya tidak semua tindakan menghasilkan profit

- Anda fokus kepada pelanggan ideal Anda, karena tidak semua pelanggan itu ideal bagi bisnis Anda.

Intinya, fokuslah pada hal-hal yang semakin mendekatkan pada tujuan bisnis Anda


3. Cari formula sukses

Setiap detik dunia berubah dan berkembang. Formula-formula sukses baru selalu ditemukan dari hari ke hari. Anda tidak bisa menggunakan cara lama untuk sukses di masa yang berbeda. Karena itu, Anda harus mencari formula sukses itu.

Sebagai contoh, kedatangan internet telah mengubah strategi pemasaran bisnis. Terlebih dengan adanya teknologi seluler yang mendukung akses internet. Sehingga memunculkan “Mobile Marketing”. Bagaimana Anda bisa memanfaatkan strategi ini ?

Jika formula bisnis yang Anda lakukan saat ini sudah out to date, mengapa Anda tidak mencari formula baru ?


4. Open mind

Tidak ada manusia di dunia ini yang sempurna. Karena itu, pikiran kita harus terbuka kepada hal-hal baru yang mendukung kesuksesan bisnis kita. Salah satu kunci kegagalan adalah merasa sudah sempurna dan sudah cukup. Padahal, dunia terus berubah. Teknologi-teknologi baru terus ditemukan. Perilaku konsumen berubah dari hari ke hari. Jika kita menutup diri terhadap semua itu, kesuksesan juga akan menutup diri.


5. Belajar dari yang terbaik

Salah satu cara menjamin kesuksesan kita adalah kesediaan kita untuk belajar dari yang terbaik. Jika bisnis Anda saat ini sudah ada yang pernah melakukannya dan sukses, belajarlah kepadanya. Baca buku-bukunya. Pelajari juga biografinya. Atau bisa juga cari tahu orang yang bisa menjelaskan kesuksesannya.

Belajarlah juga kepada mereka-mereka yang memang fokus mendalami bidang yang ingin Anda pelajari. Banyak orang-orang yang sepanjang hidupnya meneliti dan menekuni bidang-bidang tertentu, sehingga ia menjadi konsultan dan trainer untuk hal tersebut. Belajar dari mereka adalah cara mudah meraih sukses bisnis. Dalam menghadapi krisis ekonomipun, mereka lebih tahu bagaimana jalan keluarnya.

Ingin bisnis Anda cepat sukses, belajarlah dari mereka yang terbaik di bidangnya.


6. Cari tim terbaik sejak awal

Bisnis yang sukses diawali dengan adanya tim yang baik. Karena itu, sejak awal berdirinya usaha, mencari tim yang baik adalah hal mutlak yang harus dilakukan. Hindari merekrut orang dengan asal-asalan, walaupun kebutuhan akan SDM Anda sangat mendesak. Lebih baik Anda bersabar, hingga menemukan tim terbaik Anda.

Baik buruknya tim Anda sangat kelihatan di saat perusahaan menghadapi masalah, misalnya krisis seperti ini. Jika tim bisnis Anda kurang bagus, Anda akan sangat menyesal telah merekrut mereka, karena biasanya mereka hanya menjadi beban. Manusia akan kelihatan kualitasnya saat mendapatkan musibah. Manusia yang unggul akan tahan terhadap musibah itu dan keluar sebagai pemenang. Sementara manusia yang tidak berkualitas, hanya berkeluh kesah dan putus asa serta tidak menyelesaikan masalah.


7. Perbaikan terus menerus

Salah satu kunci sukses Toyota adalah prinsip KAIZEN. Prinsip kaizen ini mengajarkan agar perusahaan selalu melakukan perbaikan terus-menerus untuk mencapai tujuan. Perbaikan-perbaikan itu dilakukan mulai dari hal-hal kecil. Perbaikan-perbaikan kecil yang dilakukan secara terus menerus itu pada akhirnya menghasilkan perubahan besar.

Demikian juga dengan bisnis Anda. Lakukan perbaikan terus-menerus, dimulai dari hal kecil. Jadikan hal ini sebagai budaya perusahaan. Saya yakin, perbaikan terus menerus itu akan menghasilkan kesuksesan yang melebihi harapan Anda di masa yang akan datang

3 comments:

  1. nice post gan, mampir juga ke blog saya
    Tips dan Trik Mudah Berbisnis Online

    http://trikmudahbisnisonline.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Numpang Sharing Gan
    Kita semua tau dizaman sekarang di tahun 2015 ini mencari uang bukanlah perkara yang mudah. Mencari uang bisa dilakukan dengan bekerja atau membuka usaha. Namun, tahukah kamu, kalau sekarang mencari uang sudah bisa menggunakan Aplikasi Android saja yang bernama WHAFF REWARDS??

    aplikasi ini adalah aplikasi android yang memberikan anda penghasilan berupa Dollar secara gratis dan NYATA, yang anda dapatkan ketika anda mendownload aplikasi yang disarankan oleh aplikasi WHAFF reward ini, anda dapat menghasilkan Rp 6000 - Rp 12.000 (0.50-1$) setiap anda mendownload aplikasi, selain itu jika anda membuka dan memainkan aplikasinya anda juga akan mendapatkan reward sekitar 1-2 $ per harinya. Lumayan sebulan bisa 30$ atau setara dg Rp 360.000 setelah anda rasa saldo anda sudah cukup, anda dapat payout dollar anda melalui rek. paypal, bank lokal, amazon gift card (untuk belanja online), google play gift card, facebook gift card dan masih banyak metode penarikan lainnya.
    tutorial :
    1. download aplikasi WHAFF Reward di google playstore hp anda
    2. buka, kemudian login menggunakan akun facebook anda
    3. setelah itu masukkan kode AR53748(copy) dan anda langsung mendapatkan saldo awal anda sebesar Rp 3600 ( $0.3 ), seru bukan?
    4. Ingat kode awal AR53748 ini wajib dimasukkan karena bila tidak maka tidak akan mendapatkan 0,30$ lagi karena hanya bisa dilakukan sekali saja.
    5. kemudian download aplikasi yang disarankan aplikasi Whaff rewards
    6. Dollar yang terkumpul Rp 120.000 / 10$ nanti bisa dicairkan lewat paypal.
    Selamat Mencoba Dollar Gratis

    ReplyDelete

KULINER VIRAL SEKITAR GEBOG

           TAHU PETIS, TAHU WALIK, TAHU PEDAS, TAHU ACI Tahu Petis, makanan khas Kota Semarang  terbuat dari tahu pong yang digoreng kering ...